Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry

Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry | Blog Menawan - Untuk postingan hari ini, Blog Menawan sudah membuat dan menyiapkan artikel terbaru, yang mungkin dapat bermanfaat bagi pengunjung Blog Menawan yang sedang mencari solusi dan menemukan artikel dengan judul Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry di google pencarian.

Jika sebelumnya atau kata kunci yang sedang ramai untuk Blog Menawan adalah download theme miui , themes MIUI V8, theme MIUI V9, theme MIUI V10 , download intagram mod , how to flash firmware 100% work , stock rom and flashing, how to root android device, tutorial android, download drivers android, cara flash via fastboot, flashtool, custom rom trwp, download system.img, recovery.img, fashboot.img, cara mengatasi bootloop tanpa pc, install without pc, and etc . . Maka untuk saat ini atau artikel yang saya beri judul Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry belum menemukan solusi anda, maka bisa ikuti link berikut membaca artikel menarik lainnya yang mungkin kamu butuhkan Artikel, Ransomware, Tutorial, Virus, WannaCry, kamu bisa menemukan banyak artikel yang terkait dengan Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry. Lanjutkan ke pembahasan dan baca ya hingga akhir..

Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry


Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry - Bagaimana sih Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry dengan Mudah dan Cepat? WannaCry atau yang biasa disebut dengan WannaCrypt, sudah menginfeksi lebih dari 200.000 komputer di lebih dari 150 negara bersistem operasi Windows di seluruh dunia.

Serangan ini dimulai di tanggal 12 Mei 2017, dimana sekumpulan cyber crime WannaCrypt ini menyebarkan virus menggunakan metode attachment email, trojan, dan worm ke seluruh komputer.

Blog Menawan - Image Post http://blogmenawan.blogspot.com

WannaCry ini diperkirakan menggunakan EternalBlue exploit, yang sebenarnya dikembangkan oleh U.S. National Security Agency (NSA), yaitu badan keamanan Amerika. Namun, hal tersebut malah dimanfaatkan oleh sekumpulan black-hat hacker untuk mengambil keuntungan.

Apa komputer saya kena Ransomware WannaCry?

Jika komputer kamu mengeluarkan tampilan seperti dibawah ini, maka bisa dipastikan komputer kamu telah terinfeksi oleh Ransomware WannaCry

Kok aku bisa kena WannaCry sih?

Cara kerja Ransomware Wannacry ini menggunakan Bug EternalBlue yang memanfaatkan port SMB, bahasa gampanynya port SMB ini merupakan port untuk sharing file antar jaringan. Biasanya dipakai pada kampus-kampus atau kantor.

Jadi, jika salah satu komputer terjangkit Ransomware ini, akan dipastikan besar bahwa komputer lain akan terjangkit pula.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa baca artikel dibawah ini



Nah, Jadi gimana cara mengatasinya?


Untuk Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry ini, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, berikut ini merupakan tahap-tahapnya :

Menutup port 135 dan 445


Untuk menutup port 135 dan 445, kamu dapat menggunakan command line untuk menutupnya.

Untuk membuka Command Line, kamu dapat klik kanan pada start menu, dan pilih menu Command Prompt (Admin), atau jika tidak ada maka pilih Microsoft Powershell (Admin)

Jika tidak ada, kamu dapat mengetikan cmd pada start menu, dan klik kanan lalu pilih Run as Administrator

Blog Menawan - Image Post http://blogmenawan.blogspot.com

Blog Menawan - Image Post http://blogmenawan.blogspot.com

Setelah itu, kamu dapat menjalankan 2 command dibawah ini (atau dengan langsung dicopy) :
  • netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=135 name="Block_TCP-135"
  • netsh advfirewall firewall add rule dir=in action=block protocol=TCP localport=445 name="Block_TCP-445"
Lalu kamu dapat masuk ke command line dan paste ke sana. Untuk Windows 7,8,8.1, kamu dapat klik kanan pada kotak hitam dan klik paste. Untuk Windows 10, kamu dapat langsung klik kanan pada kotak hitam.

Matikan Support SMBv1

Ransomware WannaCry ini menggunakan eksploitasi port SMB, maka untuk mencegahnya kamu dapat mematikan fitur SMB ini dengan cara menjalankan command line:
  • dism /online /norestart /disable-feature /featurename:SMB1Protocol
Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, jadi kamu dapat mengikuti step sebelumnya

Update Windows kamu sampai ke update terbaru

Bug EnternalBlue ini diketahui pada Maret 2017, dan Microsoft sudah mengeluarkan fix untuk bug tersebut pada Mei 2017, jadi jika komputer kamu sudah terupdate minimal setelah Mei 2017, seharusnya komputer yang kamu gunakan akan aman dari serangan WannaCry ini

Jika kamu menggunakan komputer yang tidak bisa diupdate, kamu dapat menggunakan tautan dibawah ini :

Windows Server 2003 SP2 x64
Windows Server 2003 SP2 x86
Windows XP SP2 x64
Windows XP SP3 x86
Windows XP Embedded SP3 x86
Windows 8 x86
Windows 8 x64

Update Antivirus Anda, atau pakai Antivirus Premium Trial

Mencegah lebih baik daripada terlambat. Sebenarnya, Windows anda sudah disertakan dengan Antivirus bawaan (Microsoft Security Essentials). Apalagi jika anda menggunakan Windows 10, maka antivirus tersebut akan terupdate secara otomatis

Namun, untuk berjaga-jaga, anda dapat menggunakan Antivirus berbayar, namun anda gunakan Trial nya saja (30 hari gratis), untuk menangkal sementara serangan WannaCry yang sedang marak ini.

Berikut diatas adalah Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry. Apa kamu punya cara lain selain cara diatas? Share di kolom komentar juga ya 😀

Sumber : belajarcoding.net

Oke sudah pada bagian akhir atau penutup dari artikel Cara Mencegah dan Mengatasi Ransomware WannaCry jangan sungkan untuk kembali atau bookmark dan share ke sosmed ya sahabat Blog Menawan.

SUBSCRIBE ARTICLE