6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes

6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes | Blog Menawan - Untuk postingan hari ini, Blog Menawan sudah membuat dan menyiapkan artikel terbaru, yang mungkin dapat bermanfaat bagi pengunjung Blog Menawan yang sedang mencari solusi dan menemukan artikel dengan judul 6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes di google pencarian.

Jika sebelumnya atau kata kunci yang sedang ramai untuk Blog Menawan adalah download theme miui , themes MIUI V8, theme MIUI V9, theme MIUI V10 , download intagram mod , how to flash firmware 100% work , stock rom and flashing, how to root android device, tutorial android, download drivers android, cara flash via fastboot, flashtool, custom rom trwp, download system.img, recovery.img, fashboot.img, cara mengatasi bootloop tanpa pc, install without pc, and etc . . Maka untuk saat ini atau artikel yang saya beri judul 6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes belum menemukan solusi anda, maka bisa ikuti link berikut membaca artikel menarik lainnya yang mungkin kamu butuhkan Artikel, Info Kesehatan, kamu bisa menemukan banyak artikel yang terkait dengan 6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes. Lanjutkan ke pembahasan dan baca ya hingga akhir..

6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes


Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Makanan Penderita Diabetes/kencing manis merupakan sesuatu yang harus di diperhatikan agar kadar gula anda tidak melonjak naik dan sangat berbahaya bagi kesehatan, karena semakin kadar gula dalam darah tinggi maka semakin besar pula resiko untuk terkena penyakit diabetes/ kencing manis. Di mana seperti yang kita ketahui bahwa penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mengancam jiwa.

blogmenawan.blogspot.com | Pantangan makanan penyakit diabetes

Penderita diabetes perlu hati-hati saat akan menyantap makanan. Bagi yang mengidap diabetes biasanya akan diberi terapi melalui pola makan teratur. Pola makan  ini dimaksudkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak serta kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

Maka dari itu anda perlu senantiasa memperhatikan pola makanan yang anda konsumsi supaya anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi akibat kelebihan kadar gula dalam darah.
Berikut ini beberapa contoh pilihan makanan untuk penderita diabetes
  • Yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal.
  • Daging tanpa lemak/rendah lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  • Sayuran yang direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah, seperti brokoli dan bayam merupakan sayuran yang baik untuk penderita diabetes
  • Buah segar, anda dapat menjadikan jus akan tetapi jangn di tambah gula..
  • Popcorn tawar.
  • Olahan susu rendah lemak dan telur.
  • Kacang-kacangan, kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.
  • Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan tongkol kerana memiliki kadar merkuri tinggi.

blogmenawan.blogspot.com | Pantangan Makanan Penderita Diabetes


Berikut Beberapa Pantangan Makanan Penderita Diabetes
    
Sumber Karbohidrat Tinggi

Makanan dengan sumber karbohidrat tinggi, ini merupakan oknum penyebab gula darah naik drastis. Oleh sebab itu, konsumsinya harus sesuai dengan takaran atau anjuran dokter. Makanan yang berkarbohidrat tinggi diantaranya: beras putih dan segala olahannya seperti nasi, bubur, dan lontong.
    
Gantilah makanan pokok dengan kandungan karbohidratnya lebih rendah seperti beras merah, sereal, dan oatmeal. Kentang sudah dikenal sebagai pengganti nasi yang baik, akan tetapi pengolahannya tidak dengan cara digoreng dan porsinya sesuai dengan anjuran dokter.
    
Buah dengan kadar gula tinggi

Buah memang baik bagi kesehatan kita semua. Tetapi, untuk penderita diabetes, hal tersebut tidaklah berlaku secara umum. Ada beberapa jenis buah yang perlu dihindari pada penderita diabetes, karena memilliki kandungan gula yang sangat tinggi. Diantaranya ialah pisang, mangga, nangka dan durian. 

blogmenawan.blogspot.com | Pantangan Makanan Penderita Diabetes

Buah – buahan tersebut memang cukup menggiurkan, bukan ? namun mengingat akan penderita diabetes, maka buah ini harus dihindarkan dari mereka, Tetapi, bukan berarti semua buah tidak boleh dikonsumsi. Buah yang memiliki kadar gula rendah contoh, jeruk, apel dan pir, insya Allah masih aman dikonsumsi oleh mereka.
    
Mie, Spagheti dan Roti

Makanan tersebut dibuat dari tepung gandum dan tepung beras seperti yang  kita ketahui bersama bahwa jenis tepung tersebut banyak mengandung karbohidrat yang akan berisiko meningkatkan kadar gula darah, hal ini tidak baik bagi penderita diabetes.
    
Kafein dan Alkohol

Minuman yang mengandung kafein dan alcohol tidak baik karena akan memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Maka dari itu sebaiknya anda menghindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.
   
Olahraga terlalu berat

Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka. Namun mengingat kondisi fisik yang lemah akibat kadar gula darah, disarankan agar melakukan olahraga yang ringan dan tidak terlalu berlebihan. Hal ini ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan penderita diabetes.
    
Makanan Berlemak

Makanan yang berminyak dan yang mengandung kadar gula tinggi seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu tinggi. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsuminya, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu timbulnya obesitas serta memicu penyakit diabetes.
    

Oke sudah pada bagian akhir atau penutup dari artikel 6 Pantangan Makanan Penderita Diabetes jangan sungkan untuk kembali atau bookmark dan share ke sosmed ya sahabat Blog Menawan.

SUBSCRIBE ARTICLE